Cara Install Gdrive di KDE Neon

Pengantar

Sebagai seorang Digital Artist yang menerima komisi secara online, saya sering mengalami kendala ketika meng-upload file ke klien. Salah satu di antaranya seperti situs-situs marketplace tempat saya bekerja tidak mengizinkan file melebihi batas tertentu misalnya 20MB. Untuk masalah ini, saya masih bisa mengakalinya dengan menggunakan tempat simpan online, dalam hal ini saya menggunakan Gdrive.

Nah… sewaktu menggunakan Gdrive pun saya menemukan kendala yang lain merepotkan yaitu saat 60% upload (misalnya) tiba-tiba proses terhenti sendiri dan Browser mengatakan bahwa kita sedang offline padahal koneksi sedang lancar-lancar saja. Maka dari itu, saya browsing mencari cara alternatif upload ke Gdrive tanpa harus memindahkan file dari PC/Laptop ke smartphone Android lalu meng-upload kembali menggunakan aplikasi Gdrive. Saya menemukan sebuah solusi yang menurut saya ini simpel dan asyik karena kita hanya perlu login lalu files kita yang ada di Gdrive secara otomatis ter-synchrone ke File Manager yaitu meng-install plugin KIO Gdrive.

KIO Gdrive

KIO Gdrive sendiri adalah sebuah plugin yang memungkinkan kita untuk mengakses dan mengedit file yang ada di Gdrive. Cara install-nya bisa melalui Cli atau Synaptic.

1
sudo apt install kio-gdrive kaccounts-integration kaccounts-providers

Lalu buka Online Account dari Menu. Tambahkan akun google anda di sana.

Online Account

Setelah selesai, cukup jalankan perintah di bawah ini di Terminal dan file anda yang ada di Gdrive secara otomatis ter-synchrone ke File Manager.

1
kioclient5 exec gdrive:/

Sample Gdrive

Untuk men-upload file, cukup copy-paste directory atau single file anda ke sana.

Cheer…

Jika ada kesalahan kata-kalimat dalam artikel ini mohon beri tahu saya, bisa lewat komentar atau kontak di halaman about. Terimakasih.

0%