Typora, Aplikasi Instan untuk Menulis Menggunakan Markdown

Selang beberapa hari setelah migrasi dari Blogger ke Gitlab Page, saya mempelajari bahwa post di sini ditulis menggunakan Markdown. Untuk yang belum tahu, Markdown sendiri adalah sebuah tools atau alat untuk konversi text-to-HTML yang bisa digunakan untuk membuat konten pada web yang dibuat oleh John Gruber sejak 2004 dengan bahasa Perl. Bisa dibilang, Markdown adalah versi malas dari HTML. Haha.

Tapi, saya adalah orang yang lebih malas lagi untuk mengetik langsung menggunakan kode walaupun sudah dibuat menjadi sederhana oleh Markdown. Cheatsheet Markdown bisa dilihat di halaman ini. Saya menginginkan sebuah text editor yang membuatnya lebih instan dan keinginan saya terjawab oleh aplikasi Typora.

Salah satu fitur Markdown yang paling saya senangi adalah Typewriter Mode yang membuat kita bisa mengetik biasa dan langsung melihat hasilnya tanpa mengetik kode cheatsheet. Misalnya jika kita ingin membuat fonta menjadi tebal, miring, bergaris bawah atau bahkan menyisipkan gambar, tabel, dan lainnya, kita cukup klik kanan dan menggunakan pilihan yang ada di sana. Sedangkan untuk melihat atau mengetik menggunakan kode cheatsheet, cukup menekan tombol ctrl + /.

Untuk meng-install Typora, cukup datang ke situs resminya yaitu https://typora.io dan unduh disana.

Jika ada kesalahan kata-kalimat dalam artikel ini mohon beri tahu saya, bisa lewat komentar atau kontak di halaman about. Terimakasih.

0%